Jumat, 28 Mei 2010

Review: Handphone Beyond B71

Sebenarnya sudah cukup lama keinginan untuk mencoba handphone produk China merk lokal, sejak teman kantor dengan handphone blackberry blueberry-nya lengkap dengan TV+Wifi serta harga yang miring membuat hati ini ingin mencoba membelinya. Kebetulan beberapa minggu yang lalu teman saya tersebut meminta 'pengawalan' untuk memperbaiki beberapa fitur bluebaerry-nya ke service center di daerah Roxy Mas. Saat tiba di service center tersebut saya sempat tertarik dengan salahsatu varian blueberry tersebut dan berniat membelinya (ternyata untuk masalah membeli barang tidak harus semua unsur niat dan kesempatan terpenuhi, cukup ada kesempatan maka niat akan menyusulnya :) ). Namun karena proses perbaikan blueberry-nya lumayan lama, maka kami berdua memutuskan untuk jalan-jalan dulu di roxy mas.

Nah.. pada saat jalan-jalan itulah saya tertarik dengan salah satu SPG stand handphone merk beyond :), dan setelah mendapat informasi beberapa tipe, maka saya memutuskan untuk membeli beyond tipe B71. Tipe tersebut saya pilih karena selain fiturnya yang komplit (terutama WIFI+TV), modelnya sama persis dengan Nokia tipe E71 serta material maupun finishing-nya cukup bagus dan kokoh, tidak terkesan handphone murahan.

Berikut ini hasil review Beyond B71:

Bentuk
Seperti yang sudah saya jelaskan di depan, bahwa bentuk dari Beyond B71 merupakan kloning 'cacat' dari Nokia E71. Saya sebut cacat bukan bermaksud mencela, hanya karena dari segi tampilan sangat persis, namun dari segi spesifikasi dan isinya sangat berbeda :).
Sebetulnya ada beberapa merk lokal lain yang merupakan kloning dari Nokia E71, misalnya SPC BOSS 1000.
Beyond B71 yang saya beli berwarna putih, material yang digunakan cukup bagus dan kokoh, tutup belakang terbuat dari logam seperti aluminium (mungkin dimaksudkan untuk lebih memberi bobot pada hp). Keypad cukup nyaman (tidak terlalu keras) dibanding HP lokal umumnya, tetapi tombolnya lumayan kecil, tidak cocok untuk yang mempunyai jari-jari (terutama jempol) besar. Tidak menggunakan trackball/trackpad, hanya menggunakan tombol empat arah dan terasa kurang nyaman karena agak keras.

Spesifikasi
Network: Dualband GSM (900/1800 MHz) & Dual On GSM-GSM
Display Screen: 2.2" TFT QVGA
Transfer data: GPRS
Dual Camera: Belakang 2 MP, depan VGA, video recording;
Memory External: microSD up to 4GB
Messaging: SMS, MMS, EMAIL
Connectivity: WiFi, Bluetooth, data cable
Browsing: WAP
Others: Polifonik (MP3), Analog TV Tunner, Audio/Video player, radio FM Stereo, Motion Sensor, Adzan Alarm, 3D surround speaker, Java, Facebook (sebatas shortcut), MSN, Opera Mini, Calendar, Calculator, Stopwatch, E-book reader, Speakerphone, Game;
Battery: Lithium Ion, tertulis 1200mAH

Layar, TV & Kamera
Layar Beyond B71 cukup jernih dengan resolusi 320x240 pixel. Terkait dengan resolusi layar, anda harus mencari aplikasi atau game yang mendukung resolusi 320x240. Jika tidak mendapatkan aplikasi atau game untuk resolusi tersebut, pilihlah aplikasi atau game yang multi screen.
Fitur TV analog cukup bagus karena dapat menangkap hampir semua stasiun televisi yang ada. Siaran yang ditangkap cukup jernih dan dapat diperoleh dengan pengatusan posisi antenna. Tidak seperti tv pada hp lokal yg pernah saya lihat beberapa terlihat gerakan patah-patah, tetapi pada Beyond B71 gerakan gambar terlihat cukup halus dan lancar. Siaran TV pada Beyond B71 dapat direkam, tetapi kualitas rekamannya tidak memuaskan.
Fitur kamera pada B71 tidak bisa diandalkan, selain load time-nya yang cukup lama, kualitas gambar yang dihasilkan juga tidak memuaskan. Saya juga maklum karena dengan harga yang miring, maka sensor kamera yang disertakan juga 'sekedarnya' saja. Namun hal ini tidak terlalu menjadi masalah bagi saya, selain kurang hobi fotografi juga sudah ada kamera digital tersendiri untuk keperluan foto-foto.

Audio
Terus terang saya kecewa dengan kualitas audio B71, hal ini mungkin saja karena pengalaman saya pernah memakai HP Sony Ericsson seri Walkman. Memang sangat tidak adil jika memperbandingkan keduanya, namun biarpun sudah didukung dengan fitur fitur 3D Surround tetap saja tidak bisa memuaskan saya karena keluaran suara pada speakernya B71 tetap 'cempreng'. Penggunaan headset bawaan sedikit menghibur pengharapan kualitas suara yang berlebihan pada B71, mungkin dengan bantuan headset yang berkualitas dapat lebih meningkatkan kualitas suaranya (saya belum mencobanya).

WIFI, Bluetooth & Kabel Data
Salah satu pertimbangan saya membeli HP lokal ini adalah adanya fitur WIFI. Dengan harga yang relatif murah saya mendapatkan HP dengan WIFI. Fitur WIFI ini cukup penting bagi saya untuk memanfaatkan hotspot di rumah sehingga aktifitas online via HP tidak memerlukan biaya tambahan. Pada mulanya saya ragu dengan kemampuan wifi B71, namun setelah memakainya ternyata cukup memuaskan karena koneksi yang stabil dan cepat. Fitur WIFI+ TV ini cukup membuat iri istriku karena HP yang dibelinya dengan harga di atas B71 tetapi fiturnya kurang.
Penggunaan bluetooth untuk mengirim dan manerima file cukup cepat dan lancar.
Adapun kabel data yang disediakan dapat difungsikan sebagai kabel charging batteray melalui adaptor maupun USB Port pada komputer. Dengan kabel data ini dapat dilakukan manajemen file (transfer file hp dari/ke komputer), penggunaan hp sebagai modem dan penggunaan hp sebagai webcam. Sayangnya dalam paket penjualan tidak disertakan software PC Suite maupun driver-driver yang diperlukan.

Battery
Pada kemasan battery tertulis kapasitas daya sebesar 1200mAH, saya tidak tahu apakah kapasitas battery-nya sesuai dengan yang tertulis mengingat jika kita sering menghidupkan TV analognya maka daya battery-nya cepat habis. Untuk mengantisipasi hal tersebut seharusnya disediakan satu battery cadangan, namun dalam paket penjualannya hanya diberikan satu buah battery, sementara banyak handphone lokal yang mempunyai fitur TV memberikan satu battery cadangan.

OS, Software Aplikasi & Game
Dari awal saya sudah menyadari dan tahu diri bahwa HP murah ini tidak memiliki Operating Sistem sendiri. Untuk menjalankan aplikasi-aplikasinya B71 menggunakan Java J2ME sehingga hanya software-software berbasis java yang dapat diinstal pada B71.
Yang masih menjadi harapan saya adalah dibukanya/ditambahnya menu untuk menambah theme, perlu juga menu untuk menambahkan shortcut untuk aplikasi/game yang telah diinstal sendiri.
Disisi lain saya merasa cukup beruntung mendapatkan B71 ini karena baik untuk Incoming Call maupun SMS Message dapat ditambahkan ringtone sendiri. Tidak seperti HP lokal lainnya yang saya tahu, ada beberapa yang tidak bisa ditambahkan sendiri ringtone untuk SMS Message.
Sebagaimana telah disebutkan di atas bahwa terkait dengan resolusi layar, anda harus mencari aplikasi atau game yang mendukung resolusi 320x240. Jika tidak mendapatkan aplikasi atau game untuk resolusi tersebut, pilihlah aplikasi atau game yang multi screen. Secara umum banyak aplikasi & game java yang dapat diinstal dan berjalan lancar pada B71. Hanya saja untuk game-game java 3D berjalan agak lambat.
Sedikit kelebihan Beyond B71 dari beberapa HP lokal sejenis adalah kemampuan meminimize aplikasi java saat ada panggilan masuk atau SMS masuk. Fitur ini cukup penting mengingat java belum mendukung multi-tasking. Pada beberapa HP lokal sejenis aplikasi java yang sedang dijalankan tidak dapat diminimize sehingga apabila ada panggilan maupun SMS masuk aplikasi java yang sedang berjalan tersebut harus ditutup.

Harga & Paket Penjualan
Handphone tersebut saya belu sekitar 2 minggu yang lalu dengan harga Rp890.000. Adapun paket penualan yang disertakan adalah: HP, 1 Battery, Charger, Kabel Data, Head Set, Buku Manual, Kartu Garansi (1 tahun).

Kesan Subyektif
Secara keseluruhan saya cukup puas dengan Beyond B71, satu-satunya hal yang masih saya khawatirkan adalah kehandalan hardware Beyond B71 dan klaim garansinya. Jika sebelum 1 tahun terdapat problem pada hardware dan terdapat kesulitan dalam klaim garansinya tentu saja nilai kepuasan saya menjadi tidak berarti dan bisa mengubah kembali kesan subyektif saya terhadap Beyond B71 khususnya dan HP China merk lokal pada umumnya.

Gambar Pendukung

5 komentar:

  1. mas mau tanya cara setting profil wifi hp beyond B71 gmn?

    apa aja yang harus di isi....

    makasih

    BalasHapus
  2. @hadrian:
    untuk bisa terhubung ke wifi cara paling mudah gunakan menu search saja. Tapi kalau mau dibuat profilenya, data-data yang perlu dimasukkan adalah sebagai berikut:
    1. Pilih menu Wireless LAN
    2. Pilih Access Point Setting
    3. Pilih Option>>pilih New Access Point
    4. Isikan data-data berikut:
    - Connection Name: Isikan sesuai keinginan
    - SSID: Isikan dengan nama Acess Point yang ada
    - Network Type: pilih Infrastructure
    - WLAN Security Mode: pilih WPA/WPA2 PSK atau sesuaikan dengan security mode Access Point
    - Encryption Mode: pilih CCMP/AES atau sesuaikan dengan Access Point
    - Enter Passphrase: Isi dengan Passphrase/password Access Point ybs
    - TCP/IP setting: Pada Use DHCP pilih YES, IP Address dan Subnet Mask biarkan nilainya 0.0.0.0 karena otomatis akan diberikan oleh jaringan Wirelsess.
    5. Setelah selesai simpan profile tersebut, selanjutnya ke menu Access Point Setting, pilih profile Access Point yang sudah dibuat, pilih Option dan pilih Connect. Jika belum berhasil terhubung coba ubah nilai Security Mode dan Encryption Mode-nya dengan nilai lainnya, sampai bisa terhubung.

    catatan:
    untuk mengaktifkan jaringan default agar semua aplikasi java menggunakan jaringan WLAN, setting jaringan java harus diubah.
    1. Masuk ke JAVA
    2. Pilih Java Setting
    3. Ubah Java SIM1 Profile dan Java SIM2 Profile ke WIFI.
    4. Pilih OK

    selesai

    BalasHapus
  3. thanks ya deh kasih komentar di http://www.theponsel.com, semoga blog Anda semakin maju

    BalasHapus
  4. mas tiap hp beyond b71 beda settingan ya, sms ringtone nya koq ada yg bs pakai mp3 ada yg nggak, klo yg nggak bs crna bagaimana apa hrs instal software baru mohon pencerahan, hub aku di 085743033017

    BalasHapus